Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 16 Juli 2013

Akhlakul Karimah Penting Buat Remaja




Oleh Rahmalia R
SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum Condong

            “Akhlak” bisa didefinisikan sebagai suatu daya  yang telah bersemi dalam jiwa seseorang hingga dapat menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa dipikir dan di renungkan lagi. Sedangkan imbuhan “Karimah” berarti suatu sikap yang baik dan mulia.
            Nah , itu adalah definisi akhlak secara global. Akhir-akhir ini para remaja sudah melupakan hal penting ini , padahal berakhlakul karimah bisa mempengaruhi hidup dan pandangan orang lain kepada kita. Dari mulai sopan santun pada orang tua yang hampir menginjak kata menghilang”. Tidak sedikit anak-anak remaja zaman sekarang yang menjadikan babu pada orang tua dan bertingkah seenaknya. Lalu bertata krama sesama teman, tidak saling mengejek, merendahkan atau bahkan sampai mengucilkan pada teman sendiri. Ah, banyak deh pokoknya hal-hal penting yang hampir banyak remaja tidak melintaskan sedikitpun di pikiran mereka.Wah , warning  banget dong!
Lalu, bagaimana cara menanggulanginya? Ada beberapa cara untuk membiasakan berakhlakul karimah di kehidupan sehari-hari yakni :
@ Introspeksi diri. Di mulai dari diri kita dulu apakah kita sudah berakhlakul karimah? Apakah kita bisa sopan santun dan menghargai orang yang lebih luhur dari kita? Apakah kita bisa untuk ramah dan baik pada semua orang ? dan macam-macam pertanyaan yang tentu perlu jawaban dan pembuktian.
@ Biasakan. Tidak melawan pada orang tua ketika mereka menyuruh kita akan sesuatu atau sedang menasihati akan kebaikan. Biasanya remaja zaman sekarang kalo orang tua lagi ngasih nasehat suka ngeyel bahkan nggak di dengar sama sekali, dianggap radio rusak. Astagfirulahaladzim.Parah banget ya? bilang ah aja udah dosa, Apalagi seperti itu. Don’t follow them , ok.
@ Bergaul dengan orang-orang yang baik dan hindari masuk ke pergaulan bebas sebisa mungkin. Karena itu adalah salah satu sebab yang membuat para remaja lupa akan akhlakul karimah. Bukan berarti pilih-pilih teman, boleh berteman dengan mereka, tapi batasi diri jangan sampai terjerumus ke jalan yang salah.
Sip deh, kalau kalian mencoba apa yang di atas InsyaAllah akan menjadi orang yang mempunyai akhlakul karimah. Percaya deh!Walaupun cuman tiga poin, tapi  penting loh! Semoga bermanfaat.

1 komentar: