Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 28 Oktober 2011

Jadi Kutu Buku? Siapa Takut!





Kutu buku ( satu sebutan orang yang sangat suka membaca ).Hmm... pasti dalam pikiran kalian orang yang kutu buku itu culun , gak modis , dan berkaca mata.Sehingga kalian enggan untuk menjadi seorang  “KUTU BUKU”.Banyak ya! Di film-film kita lihat orang yang jadi kutu buku itu hanya di manfaatkan saja , misalnya di suruh ngerjain PR dan selalu di injak-injak dan hal itu pasti membuat imajinasi kalian berfikir  “Jadi kutu buku rugi?!”.
                Hey! Itu salah ya justru jadi kutu buku itu penting tau! Selain menambah wawasan baru, juga bisa menambah otak kita encer  kayak air..lihat aja tokoh-tokoh besar kita kayak Habiburrahman El-syehrezy,Chairil anwar dan lain-lain.Kenapa mereka menjadi yokoh-yokh hebat ? itu karena mereka adalah kutu buku ! kepintaran mereka berdua itu dari menjadi “Kutu buku senior”.Sehingga bisa membuat cerita-cerita bermutu dan menjadi karya-karya yang di kenang oleh orang lain. Masa sih gak ngiler jadi , kayak mereke?! So, membaca adalah kebutuhan primer  untuk kita (seperti dalam ekonomi : “kebutuhan primer adalah kebutuhan yang pertama yang harus di penuhi).Jadi membaca harus menjadi hal pertama yang kita penuhi.
                Akhir-akhir ini juga telinga-telinga kami sering mendengar banyak yang bilang “membaca buku menyita waktu ah! Apalagi yang tebel-tebel, males!” Ups! Kok gitu sih ?! males itu alasan konyol ya! Kalo kalian males terus mau jadi apa kalian ?! (huhu...)
                Guru-guru kita juga , bisa pada pintar karena membaca! Jadi kutu buku bertahun0tahun, dan sekarang bisa membagi ilmu pada kalian... Untung gak sih? Udah pintar dapat pahala lagi , karena udah membagi ilmu pada kalian murid-murid mereka.
                Tokoh – tokoh ulama juga kayak imam ghazali , amam syafi’i yang pada bisa membuat syair-syair indah nan bagus karena menjadi kutubuku.Allah juga menyuruh kita membaca dalam surah yang pertama yaitu al-alaq yang berbunyi :
اقرأ باسم ربّÙƒ الّذي خلق
Artinya :Bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan,
                Tuh kan! Allah juga nyuruh kita membaca .... tapi , jangan asal baca buku ! cari buku yang lebih bermutu , dan lebih mendidik ok!
                Nah, masa kita sebagai agak mau menuruti perintah-Nya malu dong! Masa santri gak menuruti syariat-syariat allah?
                Kata kang Bode(Penyair Tasik): “Pembohong besar penulis yang tidak suka membaca !” Tuh kan ? tanpa membaca kita tidak bisa menjadi apa-apa bukan hanya penulis untuk menjadi dokter,arsitek,perawat juga harus di awali dengan membaca karena tanpa membaca mereka tidak tau bagaimana menyuntik pasien , membangun rumah yang bagus , dan pelayanan suster yang baik.
                Sekarang saya akan membari tips dan trik untuk menjadi kutu buku:
1.jika kalian mengunjungi mal-mal yang besar dan mencakar langit coba kalian belok sebentar ke bookstore kayak gramedia de el el.dan disana kalian pilih satu bacaan yang kalian suka entah berupa komik , humor , majalah dan kawan – kawan.
2.Setelah kalian sering membaca buku – buku tersebut kalian pasti akan mencoba untuk mencari bacaan-bacaan yang lebih menantang dari bacaan sebelumnya.
3.Dari sana kalian akan menyukai kegiatan membaca tersebut walaupun bacaan ringan seperti cerpen , puisi atau yang berat seperti novel , buku-buku fiksi , pelajaran.
4.Terus kalo misalnya kalian di kasih tugas-tugas dari guru yang menumpuk itu harus di kerjakan! Paksalah walaupun kalian ngantuk , males harus di paksakan karena dengan adanya tugas tersebut kita mau tak mau pasti akan membaca.
                Nah,setelah itu mungkin kita terpaksa dengan hal tersebut tapi , karena sering di paksa kita akan terbiasa dan dengan terbiasa kita pasti bisa.Toh, manfaat nya buat kita sendiri?! [Rahmalia]

3 komentar:

  1. boleh juga.... add fb ku : syarifahaihsan

    BalasHapus
  2. boleh juga add fb ku: ibnu nashr

    BalasHapus
  3. mantappp!!!
    sayang, ga puas unkkk... tulisannya kurang banyak.

    fb: sandi sumardi. add ya ^^

    BalasHapus