Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 13 Agustus 2011

Perekrutan Anggota Baru Matapena Tasik

Oleh: Lena Sa'yati, Pengurus Komunitas Matapena Rayon Tasik
http://www.lenasayati.blogspot.com




 Jum’at, 12 Agustus 2011 kemarin, Komunitas Matapena Tasik untuk pertamakalinya mengadakan acara perekrutan anggota baru. Ada 47 peserta yang mengikuti acara ini. Terdiri dari 43 santriwati dan 4 santri. Bertempat di gedung I’anah lt.2, agenda pertama adalah pembukaan. Dengan Mina Hapadoh (Ketua Matapena Tasik) sebagai MC, dan Ustadz Syahruzzaky Romadloni  memberikan sambutan selaku pembina Kepenulisan di Ponpes Condong.
Selanjutnya pengenalan Komunitas Matapena kepada para peserta disampaikan oleh saya sendiri selaku pengurus Komunitas Matapena Tasik. Materi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memahamkan kepada para peserta tentang apa itu Komunitas Matapena, kapan terbentuknya, apa sajakah kegiatannya, dll. Disela-sela materi, saya pun memutar video kegiatan-kegiatan anggota Matapena Tasik selama setahun terakhir. Video tersebut dapat anda lihat disini:



Setelah materi pengenalan Komunitas Matapena, para peserta digiring ke area gedung mandiri untuk mengikuti kegiatan selanjutnya, yaitu olah rasa. Dalam kegiatan ini, para peserta dituntut untuk lebih peka terhadap apa yang mereka rasakan, mereka lihat dan yang mereka  dengar. Kegiatan ini dilakasanakan diluar ruangan, dengan tujuan, agar para peserta dapat dengan mudah mendapatkan inspirasi dari apa yang mereka rasakan (tentu akan berbeda jika bertempat didalam ruangan).
 Setiap anak ditekankan agar tidak pernah sekalipun melepaskan pena dan buku, kemudian mata mereka satu persatu ditutup oleh panitia. Lalu satu sama lain berpegangan tangan, untuk kemudian diarahkan oleh panitia ke lokasi yang dituju. Di sini, kata hati, insting dan pendengaran yang lebih ditekankan. Kemudian anak-anak didudukan oleh panitia dengan jarak berjauhan satu sama lain. Seakan-akan mereka merasa sendirian saja ditempat itu. Beberapa menit kemudian, terdengar seruan “ Tidakkah kau lihat dibarisan rak-rak toko buku itu disesaki oleh buku-buku karangan orang asing? Tidakkah kau melihatnya? Buka matamu, buka! Buka mata kalian! “. Enam orang dari panitia telah siap mementaskan teater yang diawali oleh seruan tadi. Serentak para peserta melepaskan penutup matanya meski dengan ragu-ragu. Mereka terlihat celingukan saat menyadari disekelilingnya banyak orang, termasuk para santriwati di dalam kelas yang juga ingin ikut menyaksikan teater yang ditampilkan oleh para panitia dari anggota Matapena. Dengan menyaksikan penampilan teater, para peserta dituntut untuk peka terhadap apa yang mereka lihat dan dengar.

Pengenalan Komunitas Matapena
sebelum olah rasa
pengarahan sebelum olah rasa
menguji kepekaan
penempatan peserta saling berjauhan
penempatan selesai
" Buka matamu! buka!.."
Semua orang bisa menulis, Nak..jarrib, walaahid takun 'aarifan. Kita ingin, kita bisa!
Setelah melalui proses olah rasa, para pesertapun diminta untuk menuangkan apa yang baru saja mereka rasakan kedalam tulisan. Mereka diberi waktu satu jam untuk mengerjakannya. Sementara disela-sela itu, para panitia sengaja mendekati satu-persatu dari mereka untuk sedikit bertanya ini itu seputar sastra dan pengalaman mereka dalam bidang itu.

menuangkan apa yang dirasakan
panitia menghampiri peserta
pena, pena, pena. Jadilah prajurit penghunus pena.
Setelah semuanya selesai, para peserta kemuidan berkumpul untuk mengikuti diskusi sastra bersama seluruh panitia. Saya memulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar buku-buku bergenre sastra. Beberapa dari mereka ada yang bisa menjawab, bahkan sampai menjelaskan tentang isi bukunya, kesan terhadap buku tersebut, kemudian alasan mengapa buku itu begitu menarik untuk dibaca. Sebuah kebanggaan bagi saya ketika melihat sebagian dari mereka memiliki minat baca yang cukup besar. Karena penulis yang besar, adalah pembaca dengan minat besar pula.


Mengajukan beberapa pertanyaan seputar buku-buku sastra dan penulis-penulisnya
menyimak pertanyaan
Elif sharing buku yang dibacanya
Rahmaliapun menjelaskan isi buku yang dibacanya
Bakda dzuhur acara dilanjutkan dengan sarasehan sastra. Yang menjadi narasumber kala itu adalah sastrawan muda Tasik Bode Riswandi, penggiat sastra yang tergabung dalam Sanggar Sastra Tasik (SST), yakni salah satu sanggar sastra yang diasuh oleh sastrawan sekaliber Saiful Badar, Acep Zam-zam Noor, dan Nazaruddin Azhar. Sewaktu duduk dibangku SMP, saya sempat mengikuti lomba baca puisi yang diadakan SST. Dan kala itu saya membacakan puisi yang berjudul ‘Epitaf’ karya Bode Riswandi. Dan akhirnya, kemarin saya bisa juga membawa beliau ke ponpes untuk memberikan materi pengenalan sastra dan training motivasi menulis kepada para peserta. 

Pak Bode menyampaikan materi seputar sastra
Beliaupun sempat becerita tentang cerpennya yang berjudul 'wanita tanpa cerulit'
Panitia bersama sastrawan muda tasik Kang Bode Riswandi

Setelah mengikuti sarasehan sastra, para peserta beristirahat untuk melaksanakan shalat ashar, setela itu kembali ke ruangan untuk menonton trailer film santri ‘Hidup sekali Hiduplah Yang Berarti’ bersama-sama. Setelah itu, mereka kembali digiring ke gedung mandiri untuk mengikuti kegiatan selanjutnya, yaitu Forum Diskusi Sastra. Para peserta dibagi kedalam 6 kelompok. Masing-masing kelompok dibimbing oleh satu fasilitator dari panitia. Dalam forum ini, fasilitator memberikan sedikit pengenalan sastra, lalu meminta para peserta untuk saling menyambung cerita, menanyai satu-persatu tentang proses awal mereka menulis, memainkan game sastra, sharing seputar sastra, dll.

bazar kaset, buku dan buletin
Bazarnya banjir pembeli nih, alhamdulillah

Proses FDS (Forum Diskusi Sastra)


Selepas mengikuti Forum Diskusi Sastra, para pesertapun berkumpul di belakang gedung Brunei. Di sana para peserta akhirnya diberitahu bawa mereka semua telah resmi menjadi anggota baru Matapena, dan sebagian dari mereka akan dibentuk redaktur khusus mading Matapena. Acara ini sekaligus menutup seluruh kegiatan dalam acara perekrutan anggota baru Matapena. Lalu salah satu dari peserta diminta untuk memberikan testimoni terhadap kegiatan ini.
                Sambil ngabuburit, terakhir, acara diakhiri dengan musofahah para peserta dengan seluruh panitia. Dan mereka diberi pesan untuk tetap istiqomah dalam menulis, dengan tetap mengusung nilai-nilai keislaman dan dakwah. Suasana haru terlihat kala itu, karena setelah musofahah, para peserta enggan meninggalkan lokasi kegiatan. Akhirnya saya menyuruh para panitia untuk berkumpul di depan kelas gedung Mandiri, baru para peserta pasrah meninggalkan lokasi. Dan dengan rasa haru, mereka melambaikan tangan pada panitia. Seakan lambaian itu mampu mengutarakan perasaan mereka; ‘sampai jumpa, sampai bertemu lagi dengan karya-karya yang lebih hebat, dan bermakna’. Ya, akhirnya, sayapun mengucapkan “ Terimakasih sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini, semoga acara ini bermanfaan bagi kita semua, amin”.

Shollalloh 'ala muhammad, Shollalloh 'alaihi wasallam
sampai jumpaaaaaaaaaa!...

0 komentar:

Posting Komentar