Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 06 Desember 2010

Ummu Naum

Oleh: Nabila Amalia Nurfadillah
Anggota Matapena Tasik divisi Blog, 2010-2011
Santri melakukan aktifitas seperti itu-itu saja, tak ada bosannya. Sehingga setiap santri memiliki kebiasaan yang unik yaitu "Nundutan" alias ngantuk. Nundutan terjadi dimana saja dan kapan saja. Ketika kumpulan, muhadlorah, mudzakaroh, sorogan, wiridan, di kelas, bahkan yang paling unik ada salah seorang santri wati yang mengantuk saat antri di kamar mandi.
Dahulu, setelah melaksanakan sholat subuh, ada salah satu santri wati yang berlari terburu-buru menuju kamar mandi. Katanya Ia ingin buang air besar. Namun, ketika temannya datang untuk mandi tak sengaja dilihatnya santri wati itu tengah tertidur di kamar mandi. Akhirnya orang tersebut mengagetkannya dengan berkata
            " Sister!!! wake up!...wake up!.... "
Ia pun terperanjat. Namun dengan wajah santai atau Watados a.k.a wajah tanpa dosa Ia keluar tanpa menghiraukan teman-teman yang menertawakannya.
Di kelas, santri melakukan aktifitas seperti murid-murid yang lain. Namun ada kebiasaan yang  santri lakukan di kelas yang memang sedikit berbeda dengan siswa-siswa di luar. Seperti pepping (jangan ahh!!), makan-makan jika tak ada guru, mengobrol, dan yang terunik yaaa nundutan bahkan ada yang sampai tidur.
Menurut salah seorang dari mereka, hal yang paling ni'mat dan sering dilakukan di dalam kelas adalah tidur. Tentu karena mereka memiliki pengalaman sering tidur atau mungkin nundutan saat guru menerangkan. Bahkan ada yang tidur dari awal pelajaran sampai akhir. Ada juga yang mengantuk, namun ditahan sampai-sampai membuat kepala mereka bergerak ke atas, ke bawah, ke depan, ke belakang, bahkan ada yang sampai muter-muter. Hal inilah yang biasa santri menyebutnya dengan kata " Nundutan ".
Bukan hanya di kamar mandi dan di kelas saja santri sering melakukan kegiatan nundutan tersebut. Namun di musholapun kerap dijadikan arena lomba nundutan saat wiridan. Ironis ya, padahal mushola itu tempat ibadah.


Ada cerita dari salah seorang santri wati yang kebetulan saat itu baru akan melaksanakan sholat subuh. Saya melihat teman di sebelah, tengan sholat sambil nundutan. Dari takbir sampai salam teman saya itu membuat saya khawatir dan menghilangkan kekhusuan saat sholat. Tentu karena saya takut dia terjatuh lalu menimpa tubuh saya. Dan ketika salam, saya melihatnya masih berada di posisi tahiyat akhir bahkan sampai wiridan. Saat saya tidak sengaja menyentuh tangannya, Ia terbangun dan berteriak
                " Allahu akbar!! "
Saya dan teman-teman yang lain serentak menertawakannya. Suasana wiridanpun sedikit terganggu dengan hal ini. Namun mau tak mau Ia tetap harus mengulangi kembali sholatnya. Dan sejak saat itu Ia dijuluki " Ummu Naum " alias Tukang Tidur.
Yang jadi pertanyaan besar adalah, mengapa para santri sering kali merasa ngantuk ? bahkan sampai tak kenal tempat dan waktu. Ternyata ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan para santri sering nundutan. Diantaranya:
  • Karena tidur terlalu malam
  • Terlalu banyak makan dan ngemil
  • Terlalu memforsir diri dalam kegiatan sehingga mudah capek
  • Suasana yang mendukung 
Apakah ada salah satu faktor di atas yang kamu rasa menjadi sebab dari aktifitas nundutanmu? Kalau ternyata tidak, bisa jadi itu adalah penyakit bawaan atau bahkan memang nundutan sudah menjadi tradisi santri? Entahlah, hanya saja beberapa faktor di atas adalah yang paling logis dari sebab-sebab nundutan.

Kembali ke Ummu Naum, meski julukan itu di temukan baru-baru ini, tapi yang namanya nundutan atau ngantuk berat rasanya sudah menjadi sejarah turun-temurun di kalangan santri. Maka dari itu tercetuslah julukan Ummu Naum. Mungkin bagi ikhwan julukannya beda lagi. Ada yang bilang Abu Naum, sleeper, JuHe, dll.
Memang tidak gampang menghilangkan rasa ngantuk apalagi ngantuk berat. Tapi itulah kebiasaan syetan mengganggu para santri yang sedang berjuang melawan kebodohan di jalan Allah. Kalau santri itu kuat imannya seperti saya, tidak mungkin akan nundutan. Karena julukan saya selama tinggal di pondok ini adalah "Anti Nundutan". Itulah penghargaan yang sangat berharga dari teman-teman saya...he..he..he..
Pada intinya, lakukanlah kegiatan yang sekiranya dianggap penting saja. Jangan terlalu memforsir diri dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang hanya membuang-buang waktu dan tenaga kita. Karena itu semua akan membuat kita kecapean dan pada akhirnya menyebabkan kita nundutan. Bisa-bisa nanti kamu dijiluki Ummu Naum!

0 komentar:

Posting Komentar